QS
Al-Ahzab, 33: 4
Menurut
riwayat Ibnu Abbas, ayat ini berkenaan dengan seseorang dari bani Fahm,
“Sesungguhnya, di dalam rongga dadaku ada dua hati. Keduanya lebih cemerlang
dari pada hati Muhammad.” Dalam riwayat Ibnu Jarir dari Qatadah dan Al Hasan
ada tambahan laki-laki itu berkata, “Aku mempunyai jiwa yang memerintahku dan
melarangku.”
Ibnu
Abi Hatim juga meriwayatkan dari As Sudy, ia berkata bahwa ayat itu turun
berkaitan tentang seorang laki-laki Quraisy asal bani Jumah yyang bernama Jamil
bin Ma’mar. (Lubabun Nuqul: 156)
QS
Al-Ahzab, 33: 9
Diriwayatkan
dari Hdazaifah bahwa ketika perang Ahzab berlangsung, pada tengah malam yang
gelap gulita, pasukan muslim dikepung pasukan-pasukan kafir. Abu Sufyan beserta
pasukannya berada di puncak bukit, pasukan Yahudi badi Quraidhah berada di
lembah-lembah.
Pada
saat itu, Allah memberikan pertolongan kepada pasukan Islam dengan mengirimkan
angin yang kencang yang membawa batu-batu kerikil sehingga mereka lari
terbirit-birit. Lalu, turunlah ayat ini agar umat islam selalu mengingat nikmat
Allah yang telah dianugerahkan kepada mereka. (Lubabun Nuqul: 156)
QS
Al-Ahzab, 33: 23
Diriwayatkan
Muslimin, At Tirmidzi, dan yang lainnya dari Anas bin Malik, ayat ini turun
berkenaan dengan Anas bin An Nadhr, paman Anas bin Malik, yang tidak sempat
turut dalam Perang Badar. Lalu, ia berjanji kepada Allah, sekiranya ia diberi
kesempatan dalam peperangan selanjutnya, ia akan turut serta.
Pada
peperangan selanjutnya, yaitu di Perang Uhud, ia turut berperang dengan gigih
di jalan Allah hingga gugur sebagai Syahid. Ia terkena luka hingga delapan
puluh pukulan dan tusukan tombak dan dua belas lemparan panah. Maka dari itu,
turunlah ayat ini sebagai pujian kepada orang-orang yang teguh dalam janjinya. (Lubabun Nuqul: 157 – 158)
QS
Al-Ahzab, 33: 35
Diriwayatkan
Imam At Tirmidzi, dan meng-hasan-kan
Hadits ini, dari ‘Ikrimah dan Ummu Imarah Al Anshari bahwasanya ia daang kepada
Rasulullah dan berkata, “Wahai Rasulullah! Aku melihat segala sesuatu itu
selalu berkaitan dengan laki-laki, sedangkan untuk kaum perempuan tidak pernah
di singgung sedikitpun.” Maka dari itu, turunlah ayat ini yang menegaskan
bahwa, baik laki-laki maupun perempuan, jika melakukan perbuatan baik,
sama-sama disediakan ampunan dan pahala yang berlimpah. (Lubabun Nuqul: 158)
QS
Al-Ahzab, 33: 53 – 54
Imam
Al Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Anas bin Malik, ia berkata bahwa ayat
ini turun ketika Rasulullah mengundang para sahabat untuk menghadiri walimah
pernikahannya di rumah Zainab binti Jahsy. Seusai makan, mereka
berbincang-bincang hingga Rasulullah memberikan isyarat akan beranjak.
Kemudian, Rasulullah masuk ke kamar dan Anas mengikutinya untuk member tahu
beliau bahwa masih tertinggal tiga orang yang duduk-duduk sambil
berbincang-bincang. Lalu, Rasulullah membuat hijab antara Anas dengan para
istri beliau. Maka dari itu, turunlah ayat ini. (Lubabun Nuqul: 162)
QS
Al-Ahzab, 33: 57
Ibnu
Abi Hatim mengeluarkan dari jalan Al Aufi, dari Ibnu Abbas, ia berkata bahwa
ayat ini turun tentang orang-orang yang mencela Rasulullah saw. ketika beliau
menjadikan Shafiyyah binti Huyay sebagai istrinya.
Ada
juga riwayat lain, Juwaibir berkata dari Adh Dhahak, dari Ibnu Abbas, ia
berkata bahwa ayat ini turun tentang Abdullah bin Ubay dan sekelompok orang
yang bersama nya yang sama-sama turut menuduh ‘Aisyah kemudian di salah satu
khutbah nya Rasulullah saw. berkata, “Bagaimanakah
pendapat kalian tentang orang-orang yang menyakitiku dan keluargaku?”
Kemudian, ayat ini pun turun. (Lubabun
Nuqul: 163)